Text
PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PLASTIK DAN KEMASAN DI BEI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, pertumbuhan
penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan. Leverage
diukur dengan debt to total assets ratio sedangkan pertumbuhan penjualan diukur
dengan growth dan ukuran perusahaan diukur dengan size.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini
diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan
sampel dengan menggunakan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan
metode purposive sampling tersebut didapatkan sebanyak 5 sampel dari 14
perusahaan plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama
tahun 2014-2019. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage yang diproksikan dengan
debt to total assets ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas yang
diproksikan dengan return on asset, pertumbuhan penjualan berpengaruh positif
signifikan terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan return on assets, dan
ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas yang
diproksikan dengan return on assets.
Kata kunci: Leverage, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas
SM-21079 | M21/079 Umi p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain