Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Ukuran Perusahaan (Size) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan dan diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan. Kedua Ukuran Perusahaan berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, artinya semakin besar total aset yang dimiliki perusahaan maka akan meningkatkan nilai perusahaan. Ketiga, Profitabilitas dapat memoderasi pengaruhCSR terhadap Nilai Perusahaan, artinya kenaikan profitabilitas mampu memperkuat pengaruhCSR dalam meningkatkan Nilai Perusahaan. Keempat, Profitabilitas tidak dapat memoderasi (memperlemah) pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.
SA-21304 | A21/304 Joh p | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain