Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA AYAM DENSA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran meliputi kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Ayam Densa. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian yang bersifat kausal komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Ayam Densa yang telah melakukan transaksi pembelian pada periode bulan Desember sampai dengan bulan Januari 2020/2021. Data yang digunakan merupakan data primer diperoleh dari hasil pengisian kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 23. Pengujian instrument meggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, promosi dan lokasi dapat digunakan untuk mengukur keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial memperlihatkan masing-masing variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Ayam Densa dimasa pandemi COVID-19. Kondisi ini mengidentifikasikan semakin baik kualitas produk, harga, promosi dan lokasi akan berpengaruh terhadap peningkatan keputusan pembelian. Penelitian ini berkontribusi praktis bagi pemilik bisnis untuk meningkatkan penjualan, dan secara teori berkontribusi terhadap teori bauran pemasaran di masa pandemi COVID-19.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Lokasi dan Keputusan Pembelian
SM-21141 | M21/141 Muh p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain