Text
PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI
Peningkatan perekonomian Indonesia pada sektor industri makanan dan minuman tidak hanya dilakukan dengan kegiatan ekspor, tetapi juga dilakukan dengan kegiatan investasi. Nilai perusahaan dianggap sangat penting dalam kegiatan investasi, karena nilai perusahaan dapat menggambarkan kinerja suatu perusahaan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dari populasi sebanyak 27 perusahaan yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini hanya 11 perusahaan makanan dan minuman yang telah memenuhi kriteria penelitian. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan bantuan program Statistical Program For Social Science (SPSS) versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kebijakan dividen dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: kebijakan dividen, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan
SM-21184 | M21/184 Yen p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain