Text
"PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOOD DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)"
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan dan
struktur modal terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas perusahaan
consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian
ini adalah perusahaan-perusahaan consumer goods yang tercatat di Bursa Efek
Indonesia (BEI) selama tahun 2012-2016. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 9 perusahaan consumer
goods yang memenuhi kriteria sebagai sampel penilitian. Metode statistik yang
digunakan untuk adalah statistik deskriptif serta analisis jalur yang digunakan
adalah statistik deskriptif serta analisis jalur yang digunakan untuk menguji
pengaruh secara langsung ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap nilai
perusahaan, serta pengaruh tidak langsung ukuran perusahaan dan struktur modal
terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh
negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal berpengaruh positif
signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif
signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif
signifikan terhadap profitabilitas dan struktur modal berpengaruh positif
signifikan terhadap profitabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran
perusahaan berpengaruh secara tidak langsung terhadap nilai perusahaan. Hasil ini
menunjukkan bahwa besaran pengaruh tidak langsung ukuran perusahaan
terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas lebih besar dibandingkan besaran
pengaruh langsung ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh secara langsung terhadap
nilai perusahaan. Hasil ini menunjukkan bahwa besaran pengaruh langsung
struktur modal terhadap nilai perusahaan lebih besar dibandingkan besaran
pengaruh tidak langsung ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui
profitabilitas.
SM-18005 | SM18/005 Lal p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain