Text
PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABLITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Tujuan utama perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Semakin tinggi harga saham semakin tinggi pula nilai perusahaan. Nilai perusahaan dapat memberikan kemakmuran pemegang saham secara maskimum apabila harga saham meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Asset Ratio , Debt to Equity Ratio, Ukuran perusahaan, Return on Asset , Return On Equity , dan Net Profit Margin terhadap nilai perusahaan.
Sampel penelitian yang digunakan adalah perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesian tahun 2014-2016. Sampel penelitian sebanyak 27 perusahaan consumer goods, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi berganda yang didahui dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonearirtas, uji heteroskesdastisitas dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Assset Ratio dan Net Profit Margin berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan Debt to Equity Ratio, Ukuran Perusahaan, Return on Assets dan Return on Equity berpengaruh positif dan siginifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Nilai Perusahan, Debt to Asset Ratio, Debt to Equity Ratio, Ukuran Perusahaan, Return on Asset, Return on Equity, Net Profit Margin
SA-18023 | SA18/023 nov p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain