Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS DAN PENERAPAN APLIKASI E-SISTEM PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI PADA WPOP YANG TERDAFTAR DI KPP PATAMA SURABAYA-GUBENG)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan fiskus dan penerapan aplikasi e-system pajak terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner yang berisi pernyataan untuk dijawab responden. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Surabaya Gubeng. Penentuan sampel ditentukan dengan metode incidental sampling, yaitu pengumpulan informasi dari responden yang secara kebetulan berada dilokasi pengambilan sampel dan responden yang ditemui tersebut dipandang cocok untuk dijadikan sebagai sumber data. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan fiskus dan penerapan aplikasi e-system pajak berpengaruh positif terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Surabaya Gubeng. Hal ini berarti semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan fiskus maka tingkat kepatuhan wajib pajak semakin meningkat. Demikian pula dengan penerapan aplikasi e-system pajak, semakin baik penerapannya maka tingkat kepatuhan wajib pajak juga akan semakin meningkat.
Kata kunci: Kualitas pelayanan fiskus, penerapan aplikasi e-system pajak, dan tingkat kepatuhan wajib pajak
SA-18041 | SA18/041 yul p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain