Text
PENGARUH KARATERISTIK PERUSAHAAN DAN FREE CASH FLOW TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage) dan free cash flow terhadap nilai perusahaan melalui laporan keuangan tahunan yang telah disusun oleh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ukuran perusahaan diproksi dengan SIZE, profitabilitas diproksi dengan Return On Asset (ROA), leverage diproksi dengan Debt to Equity Ratio (DER), free cash flow diproksi dengan FCF, dan nilai perusahaan diproksi dengan Price Book Value (PBV).
Populasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2014-2016. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel yang ditentukan melalui kriteria-kriteria tertentu oleh peneliti. Berdasarkan kriteria sampel yang telah ditetapkan, diperoleh sampel sebanyak 49 perusahaan manufaktur. Penelitian ini dilakukan dengan jangka waktu 3 tahun, sehingga total seluruh sampel penelitian ini sebanyak 147 data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantu ukur SPSS (Statistical Product and Service Solutions).
Hasil penelitian menunjukkan dalam uji F bahwa penelitian ini layak digunakan yaitu karakteristik perusahaan dan free cash flow memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan uji t (uji hipotesis), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai t sebesar 2,256 dengan tingkat signifikan sebesar 0,027. Variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai t sebesar 22,950 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Variabel leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai t sebesar 3,202 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002. Sedangkan variabel free cash flow berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai t sebesar 2,081 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,040.
Kata kunci: karakteristik perusahaan, free cash flow, nilai perusahaan.
SA-18064 | SA18/064 ani p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain