Text
PENGARUH STRUKTUR ASET, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN, RISIKO BISNIS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur aktiva, return on asset, current ratio, ukuran perusahaan, risiko bisnis dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Populasi dari penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013 – 2016 dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 35 perusahaan barang konsumsi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur aktiva dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal yang artinya jika variabel tersebut meningkat ataupun menurun maka tidak akan mempengaruhi struktur modal. Profitabilitas dan likuiditas terhadap struktur modal memiliki pengaruh negatif yang artinya jika variabel tersebut meningkat maka struktur modal akan menurun. Sedangkan risiko bisnis dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal memiliki pengaruh positif yang artinya jika variabel tersebut meningkat maka struktur modal juga akan meningkat.
Kata kunci: struktur aktiva, profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan , risiko bisnis, pertumbuhan penjualan, struktur modal.
SA-18073 | SA18/073 tri p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain