Text
ANALISIS REAKSI PASAR SAHAM INDONESIA TERHADAP PENGUMUMAN SOCIAL DISTANCING PANDEMI COVID-19 (Studi Peristiwa pada Perusahaan Jasa Telekomunikasi Penyedia Jasa Operator Seluler)
Pada tanggal 15 Maret 2020, Presiden RI Joko Widodo melalui konferensi pers menghimbau bahwa masyarakat diharapkan untuk melakukan kegiatan social distancing demi memutus penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Demi mempertahankan aktivitas selama pembatasan, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dengan teknologi komunikasi yang tidak terlepas dari kebutuhan akan layanan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menguji reaksi pasar saham melalui perbedaan harga saham, volume perdagangan saham, dan abnormal return saham perusahaan jasa telekomunikasi akibat pengumuman kegiatan social distancing di Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis komparatif. Metode purposive sampling diberlakukan untuk mendapatkan sampel penelitian yang relevan. Berdasarkan hasil sampling, peneliti mendapati tiga perusahaan jasa telekomunikasi yang relevan yaitu PT. Telkom Indonesia Tbk, PT. Indosat Tbk, dan PT. XL Axiata Tbk. Studi peristiwa dilakukan dengan periode peristiwa 10 hari sebelum dan 10 hari setelah pengumuman. Analisis statistik yang digunakan adalah uji beda Paired Samples T-Test.
Hasil penelitian menjelaskan terdapat perbedaan signifikan pada harga saham sebelum dan setelah pengumuman dimana harga saham setelah pengumuman cenderung menurun, terdapat perbedaan signifikan pada volume perdagangan saham dan terdapat perbedaan signifikan pada abnormal return saham dimana keduanya mengalami peningkatan setelah pengumuman social distancing di Indonesia.
Kata Kunci: Volume Perdagangan Saham, Abnormal Return Saham, Pasar Efisien, Teori Sinyal, Social Distancing.
SA-22001 | SA22/001 ard a | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain