Text
PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap nilai perusahaan, dan menguji corporate social responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas, likuiditas, leverage, serta pengungkapan corporate social responsibilityadalah faktor-faktor yang menjadi bahan pertimbangan investor dalam berinvestasi di suatu perusahaan. Nilai perusahaan menunjukkan kemakmuran para pemegang saham perusahaan.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018-2020 berjumlah 47 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 38 perusahaan dengan data yang diobservasi sebesar 99 sampel. Metode analisis data menggunakan aplikasi khusus analisis regresi linear berganda yaitu menggunakan moderated regression analysis(MRA).
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa variabel profitabilitas (ROA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q), corporate social responsibility (CSR) mampu memperkuat pengaruh likuiditas (CR) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q), corporate social responsibility (CSR) memperlemah pengaruh leverage (DAR) terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Sedangkan variabel yang lain yaitu likuiditas (CR), leverage (DAR), serta profitabilitas (ROA) yang dimoderasi oleh corporate social responsibility(CSR)tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q).
Kata kunci: profitabilitas, likuiditas, leverage, nilai perusahaan, corporate social responsibility
SA-22007 | SA22/007 moc p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain