Text
PENGARUH PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Bavarages yang terdaftar di BEI periode 2016-2020)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas dan
Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur
sektor Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020.
Profitabilitas diproksikan dengan Return on Asset (ROA), Pertumbuhan
Penjualan diproksikan dengan Net Sales Growth Ratio dan Nilai Perusahaan
diproksikan menggunakan Price to Book Value (PBV).
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data
sekunder. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode Purposive
Sampling, sehingga diperoleh 9 sampel perusahaan yang memenuhi kriteria. Periode
sampel pengamatan yang digunakan yaitu 5 tahun, sehingga sampel pada penelitian
ini adalah 45 data pengamatan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini
adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi
26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan
signifikan terhadap nilai perusahaan. Dari hasil tersebut perusahaan mengalami
peningkatan profit yang terus-menerus sehingga akan menarik minat investor.
Pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai
perusahaan. Dari hasil tersebut perusahaan mengalami peningkatan dalam
penjualan, namun dalam peningkatan pertumbuhan penjualan tidak selalu diikuti
peningkatan dari segi nilai perusahaan. Karena semakin besar pertumbuhan
penjualan maka semakin banyak utang dan perusahaan tidak bisa mengolah utang
dengan baik sehingga tidak bisa meningkatkan nilai perusahaannya.
Kata Kunci: Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Nilai perusahaan.
SA-22015 | SA22/015 sav p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain