Text
PENGARUH NARSISME CEO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh narsisme CEO terhadap nilai perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel mediasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada sektor Property and Real Estate. Pengukuran yang digunakan untuk narsisme CEO yaitu foto CEO. Nilai perusahaan diukur menggunakan Price to Book Value (PBV) dan manajemen laba diukur menggunakan Modified Jones Model.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu. Sampel penelitian yang di dapatkan 111 pada 37 perusahaan sektor Property and Real Estate pada periode tahun pengamatan 2018-2020. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Narsisme CEO berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, karena semakin tinggi tingkat narsis seorang CEO, maka dapat melakukan manajemen laba perusahaan. 2) Narsisme CEO tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, karena tingkat perusahaan yang baik mampu memberikan kepercayaan kepada investor. 3) Manajemen laba berpengaruh signifikan negatif terhadap nilai perusahaan, karena semakin tinggi perusahaan melakukan manajemen laba, maka dapat menurunkan nilai perusahaan. 4) Manajemen laba mampu memediasi narsisme CEO terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Narsisme CEO, Nilai Perusahaan, Manajemen laba, Variabel Mediasi.
SA-22019 | SA22/019 els p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain