Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA PENGGUNA SHOPEE DI KECAMATAN LAKARSANTRI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan, persepsi harga, risiko, pendapatan, pengalaman, promosi, pelayanan, kualitas produk, rating, dan kemudahan penggunaan e-commerce dalam keputusan pembelian online pada seluruh pengguna shopee di masyarakat Kecamatan Lakarsantri, Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal komparatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 231 responden yang memiliki ketentuan kriteria yaitu berusia di atas 17 tahun dan merupakan pengguna shopee sebagai tempat belanja online. Data primer digunakan sebagai sumber data penelitian ini dengan melakukan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form. Metode Structural Equation Model (SEM) dengan program SmartPLS versi 3.0 digunakan sebagai teknik analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi harga, pelayanan, rating, dan kemudahan penggunaan e-commerce berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online pada shopee. Sedangkan pada variabel kepercayaan, risiko, pendapatan, pengalaman, promosi, dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online pada shopee.
Kata Kunci: e-commerce, keputusan pembelian
SA-22020 | SA22/020 fan a | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain