Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan Logaritma natural (Ln) total aset, profitabilitas menggunakan rasio Return On Asset (ROA), leverage dengan Debt to Equity Ratio (DER), dan nilai perusahaan dengan menggunakan rasio Price Book Value (PBV).
Jenis penelitian adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode pengamatan yang dimulai dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah metode purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 13 perusahaan makanan dan minuman yang telah memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan dengan jumlah data yang digunakan sebanyak 52 data. Sumber data yang digunakan ialah data sekunder berupa annual report yang diperoleh dari www.idx.co.id ataupun dari Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia STIESIA Surabaya. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi/software SPSS (Statistical Package for Social Science) 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, profitabilitas dan leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Nilai Perusahaan.
xvii
SA-22023 | SA22/023 lan p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain