Text
PENGUKURAN DAN PENILAIAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT.KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VIII GUBENG SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran dan penilaian kinerja
perusahaan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 Surabaya berdasarkan
metode Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja perusahaan. Melalui
empat perspektif yaitu: Perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif
bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara survey langsung di
lapangan, melakukan kuesioner, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian dengan mengaplikasikan metode Balanced Scorecard
melalui empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan,
perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran selama
periode tahun 2014-2016. Adapun hasil dari perspektif keuangan mengunakan
tolok ukur Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), dan Net Profit
Margin (NPM) menunjukkan keadaan yang fluktuatif. Perspektif pelanggan
menunjukkan hasil kepuasan pelanggan dengan nilai 3,8 yang termasuk dalam
ketegori cukup puas. Perspektif proses bisnis internal menunjukkan hasil yang
baik dalam proses inovasi dan proses operasi, sedangkan perspektif pertumbuhan
dan pembelajaran menunjukkan hasil yang baik dalam mempertahankan
karyawannya, sedangkan karyawan yang mengikuti training menunjukkan kinerja
yang baik karena mengalami peningkatan setiap tahunnya.
Kata Kunci : Kartu Skor Berimbang, Pengukuran Kinerja, Kinerja Perusahaan,
Perspektif Keuangan, Perspektif Non Keuangan
SA-18113 | SA18/113 lud p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain