Text
PENERAPAN E-GOVERMENT DAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAYANAN E-SAMSAT JAWA TIMUR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan E-Government dan Good Governance terhadap pelayanan E-SAMSAT. Tingkat keberhasilan layanan E-SAMSAT Jawa Timur merupakan permasalahan yang menjadi salah satu tolak ukur dalam penerapan E-Government. Ruang ligkup yang digunakan dalam penelitian ini adalah staf Kantor Bersama SAMSAT Mojokerto pada bagian operasional pelayanan.
Metode analisis dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan peneliti bersumber data wawancara dan dokumentasi yang meliputi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui aplikasi E-SAMSAT Jawa Timur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil analisis dalam penelitian ini adalah pengenalan pelayanan E-SAMSAT yang banyak terjadi hambatan. Yang menjadi kendala diantaranya adalah kurangnya pengetahuan masyarakan akan layanan E-SAMSAT Jawa Timur. Dikarenakan dari pihak pemerintah sendiri yang kurang mengadakan sosialisasi. Kendala selanjutnya ketersediaan koneksi jaringan yang tidak stabil sehinga dapat menurunkan pemasukan. Temuan dalam penelitian ini adalah layanan E-SAMSAT Jawa Timur yang telah berjalan tetapi belum sesuai dengan ekspetasi. Implikasi peneliti menyatakan bahwa telah berjalannya layanan pemerintah secara online (E-Government) tetapi dalam kenyatannya dilapangan masih beberapa kendala sehigga jumlah wajib pajak yang membayar PKB melalui E-SAMSAT Jawa Timur masih sedikit.
Kata-kata Kunci: E-Government, Good Governance, Pajak Kendaraan Bermotor, E-SAMSAT
SA-18142 | SA18/142 fan p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain