Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT.MERPATI WAHANA TAXI
Loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, sebab
apabila perusahaan memiliki seorang pelanggan yang loyal, maka hal itu dapat menjadi aset
yang sangat bernilai bagi perusahaan. Loyalitas pelanggan tidak terbentuk dalam waktu
singkat, tetapi melalui proses berdasarkan pengalaman pelanggan itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan kepuasan
terhadap loyalitas pelanggan taksi Bosowa Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah
semua pelanggan yang menggunakan jasa transportasi taksi Bosowa Surabaya. Penelitian ini
menggunakan penelitian asosiatif, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100
responden. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non random sampling,
dimana tidak semua individu diberi kesempatan yang sama untuk ditugaskan menjadi
anggota sampel.Data penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada
responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linier berganda. Hasil analisis menunjukkan variabel kualitas layanan dan kepuasan memiliki
pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini berarti loyalitas pelanggan
dipengaruhi secara nyata oleh kualitas layanan dan kepuasan.
Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel kualitas layanan dan
kepuasan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini
menunjukkan 3 (tiga) hipotesis penelitian terbukti semua.
SM-18138 | SM18/138 Fad p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain