Text
PENGUKURAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT SIDOSERMO SURABAYA
Puskesmas sebagai lembaga pelayanan publik dituntut memiliki kinerja yang baik. Tuntutan masyarakat akan kinerja pelayanan publik yang berkualitas, karena masyarakat berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik dari pemerintah. Keinginan masyarakat untuk melakukan reformasi/regulasi pelayanan kesehatan publik sebagai akibat dari berbelit-belitnya pelayanan kesehatan publik.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kinerja pelayanan publik pada Puskesmas Sidosermo Surabaya. Populasi yang menjadi target dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan kesehatan pada Puskesmas Sidosermo dengan sampel yang diambil 100 orang. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer (dari kuesioner). Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan diagram kartesius.
Hasil perhitungan diperoleh menunjukkan bahwa pada kuadran A (prioritas utama) terdapat 3 (tiga) atribut yang menempati, pada kuadran B (pertahankan prestasi) terdapat 7 (tujuh) atribut yang menempati, pada kuadran C (prioritas rendah) ada 3 (tiga) atribut yang menempati dan pada kuadran D (prioritas berlebihan) ada 4 (empat) atribut yang menempati. Hasil ini menunjukkan bahwa kinerja layanan jasa kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sidosermo Surabaya
telah memuaskan masyarakat pengguna layanan tersebut mengingat jumlah kuadran
B dan D lebih banyak dari jumlah kuadran A dan C.
Kata Kunci : kinerja layanan publik, kepuasan masyarakat
SA-18155 | SA18/155 ral p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain