Text
PENGARUH PROFITABILITAS DAN SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji profitabilitas, ukuran perusahaan,
corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan
menguji corporate social responsibility berdampak pada pengaruh profitabilitas
terhadap nilai perusahaan serta menguji corporate social responsibility
berdampak pada pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014-2016 berjumlah 39 perusahaan, Teknik
pengambilan sampel dengan purposive sampling di dapatkan sampel sebanyak 38
perusahaan dengan data yang diobservasi sebanyak 107 sampel. Metode analisis
data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat
disimpulkan bahwa variabel profitabilitas, corporate social responsibility,
profitabilitas yang dimoderasi oleh corporate social responsibility berpengaruh
positif terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Sedangkan variabel yang lain, oleh
ukuran perusahaan serta ukuran perusahaan yang dimoderasi corporate social
responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q).
Kata kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, corporate social responsibility,
nilai perusahaan
SA-18163 | SA18/163 chu p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain