Text
PENGARUH STORE ATMOSPHERE, PROMOSI PENJUALAN, DAN DISPLAY PRODUK TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA APOTEK VIVA HEALTH DI SURABAYA
Bisnis ritel bidang farmasi di Indonesia berkembang pesat. Persaingan
bisnis semakin ketat. Salah satu strategi ritel untuk meningkatkan penjualan
adalah merangsang konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Pembelian
impulsif dapat terjadi akibat pengaruh stimulus di tempat belanja yang berupa
rangsangan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
rangsangan eksternal berupa store atmosphere, promosi penjualan, dan display
produk terhadap pembelian impulsif pada apotek Viva Health di Surabaya.
Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan mengambil 100
responden yang merupakan konsumen apotek Viva Health di Surabaya dan
analisis regresi linier berganda sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian
menemukan bahwa store atmosphere, promosi penjualan, dan display produk
berpengaruh signifikan secara parsial terhadap pembelian impulsif dengan
promosi penjualan sebagai variabel yang berpengaruh dominan terhadap
pembelian impulsif. Hasil penelitian juga menemukan bahwa store atmosphere,
promosi penjualan, dan display produk berpengaruh secara simultan terhadap
pembelian impulsif.
SM-18211 | SM18/211 Ahm p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain