Text
PENILAIAN KINERJA PELAYANAN MASYARAKAT PADA KANTOR KECAMATAN SIMOKERTO (STUDI KASUS PADA KANTOR KECAMATAN SIMOKERTO)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Kecamatan Simokerto dengan menggunakan Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pelayanan publik merupakan hal yang tidak terlepas dari peran aparatur Negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Penelitian ini menggunakan mentode penelitian kualitatif, dengan penilaian kinerja yang meliputi: produktivitas, kualitas layanan, akuntabilitas responsibilitas dan responsivitas. Objek penelitian yang digunakan adalah suatu instansi pemerintah yang bergerak di bidang jasa pelayanan publik yaitu Kantor Kecamatan Simokerto Surabaya. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, dan telah diperoleh 150 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran kinerja dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarajat (IKM) yang berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/24 menunjukkan bahwa mutu pelayanan pada Kantor Kecamatan Simokerto Surabaya dikatakan baik dikarenakan tidak adanya kritikan dari warga yang memperoleh pelayanan dari Kantor Kecamatan Simokerto.
Kata Kunci: Pengukuran Kinerja Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Analisis Kinerja Pelayanan
SA-18181 | SA18/181 jes p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain