Text
ANALISIS KINERJA PT BABATAN KUSUMA JAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCE SCORECARD
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan yang diukur dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan objek yang digunakan adalah PT Babatan Kusuma Jaya. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah laporan keuangan, kuesioner, wawancara dan data perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama tiga tahun dari tahun 2018-2020, 1) perspektif keuangan mengalami pada indikator NPM, ROE dan CR dikategorikan baik sedangkan ROA dikategorikan buruk menurut kriteria yang telah ditetapkan pada penelitian ini. 2) perspektif pelanggan menunjukkan bahwa pada akuisisi pelanggan dikategorikan baik dan pelanggan merasa sangat puas atas pelayanan, fasilitas, kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan perusahaan, namun pada retensi pelanggan menunjukkan kategori buruk. 3) perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa perusahaan mampu dalam menghasilkan inovasi, operasi dan layanan purna jual yang dapat memuaskan serta meningkatkan penjualan. 4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan bahwa setiap karyawan mampu dalam menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dan dapat memberikan kepuasan untuk karyawan serta mampu dalam mempertahankan karyawan untuk tetap bekerja sama di dalam perusahaan.
Kata kunci: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
SA-22035 | SA22/035 meg a | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain