Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK HOTEL
Kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak merupakan faktor penting
dalam peningkatan penerimaan pajak, maka perlu dikaji tentang faktor-faktor
yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak, diantaranya kualitas pelayanan,
kewajiban moral serta adanya sanksi perpajakan . Tujuan dalam penelitian ini
mengetahui kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi perpajakan terhadap
kepatuhan wajib pajak hotel.
Populasi yang digunakan adalah wajib pajak hotel berbintang empat dan lima
yang terdaftar di DISPENDA di Kota Surabaya. Data yang digunakan dalam
penelitian adalah data primer (dari kuesioner).Teknik pengambilan sampel yang
digunakan purposive sampling, didapat sampel penelitian berjumlah 31 orang.
Adapun teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan regresi
linier berganda .
Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan kualitas pelayanan, kewajiban
moral dan sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak hotel..
Hasil ini didukung dengan peroleha koefisien determinasi sebesar 61,2% yang
memperlihatkan kontribusi dari kualitas pelayanan, kewajiban moral dan sanksi
perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak hotel adalah besar. Hasil pengujian
secara parsial memperlihatkan masing-masing variabel kualitas pelayanan,
kewajiban moral dan sanksi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepatuhan wajib pajak
Kata Kunci : kualitas pelayanan, kewajiban moral, sanksi perpajakan, kepatuhan
wajib pajak
SA-18193 | SA18/193 ann p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain