Text
PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA BARANG KONSUMSI DI BEI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dividend payout ratio (DPR), debt to asset ratio (DAR), dan SIZE terhadap price book value (PBV) pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 hingga 2016.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012 hingga 2016 sebanyak 8 perusahaan barang konsumsi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabeldividend payout ratio (DPR), debt to asset ratio(DAR), dan SIZE sebesar 51,5% sedangkan sisanya 48,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dilakukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel debt to asset ratio(DPR) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel dividend payout ratio (DPR) dan SIZE tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.
SM-18271 | SM18/271 Nun p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain