Text
ANALISIS KINERJA PELAYANAN DAN AKUNTABILITAS PUBLIK PADA PDAM SURABAYA SEMBADA KOTA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Pelayanan dan Akuntabilitas publik di Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survey pendahuluan, studi kepustakaan, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan atau desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan, pengolahan dan penyajian data yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kinerja pelayanan pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya telah sesuai dengan indikator yang ada pada PERMENPAN No 1 tahun 2015, kemudian untuk pengukuran akuntabilitas pada PDAM Surya Sembada dengan menggunakan rekap data pengaduan yang masih proses mulai tahun 2016-2017 menunjukkan bahwa akuntabilitas pada perusahaaan sudah baik karena keluhan-keluhan masyarakat selama 2 tahun bisa diatasi dengan baik. Pengukuran kinerja pelayanan berdasarkan Survei kepuasan masyarakat menurut Permenpan no 14 tahun 2017 ada 9 unsur SKM berada pada posisi baik dan diperoleh hasil indeks secara keseluruhan sebesar 3,1955 dan nilai SKM setelah dikonversi menjadi 3,1955×25=79,8875 yang berarti kinerja unit pelayanan pada posisi baik.
Kata kunci: Kinerja, Pelayanan Publik, Akuntabilitas, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)
SA-18214 | SA18/214 zuh a c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain