Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate
Social Responsibility (CSR) dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Sampel
penelitian adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2012-2016.
Populasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode
purposive sampling pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2012-2016 dan
berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 18
perusahaan sektor industri barang konsumsi dengan jumlah pengamatan sebesar
90. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan alat
bantu SPSS (Statistical Product and Service Solutions).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Corporate Social Responsibility
(CSR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan
tingkat signifikansi 0,043 yang artinya pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan belum mampu dalam
memberikan konstribusi yang baik untuk perusahaan atau perusahaan belum dapat
mengkomunikasikan tanggung jawab sosial secara tepat . Sedangkan variabel
profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikan 0,035
terhadap nilai perusahaan, hal ini menunjukan bahwa tingginya tingkat
profitabilitas yang diperoleh perusahaan akan mampu meningkatkan nilai
perusahaan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Nilai
Perusahaan
SA-18225 | SA18/225 yul p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain