Text
EFEKTIVITAS PENETAPAN RETRIBUSI PARKIR TEPI JALAN UMUM TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas retribusi Parkir Tepi Jalan Umum dan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan pendapatan daerah yang bersumber dari hasil pajak daerah,hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dari pendapatan lain-lain. Retribusi Daerah dikelola dan dipungut oleh pemerintahan daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan. Retribusi parkir merupakan salah satu jenis retribusi yang potensial dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi retribusi parkir tepi jalan umum terhadap pendapatan asli daerah kota surabaya, mengetahui efektivitas penetapan retribusi parkir, kontribusi retribusi parkir, dan upaya optimalisasi dari Dinas Perhubungan UPTD Parkir Tepi Jalan Umum dalam meningkatan retribusi parkir.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode wawancara dan dokumentasi. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu data realisasi dan target retribusi parkir dan pendapatan asli daerah Kota Surabaya tahun 2012-2016 yang diperoleh dari Dinas Perhubungan UPTD Parkir Tepi Jalan Umum dan Badan Pengeloaan Keuangan dan Pajak Daerah.Metode dekriptif dan rasio, digunakan untuk mengungkapkan dan memahami sesuatu dibalik fenomena yang kompleks dan memberikan gambaran secara rinci terhadap fenomena yang terjadi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realisasi penerimaan retribusi parkir tepi jalan umum Kota Surabaya tahun 2012-2016 relatif berfluktuatif. Hal ini mengacu pada perhitungan efektivitas dan kontribusi penerimaan retribusi parkir tepi jalan umum di Kota Surabaya. Upaya optimalisasi yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan UPTD Parkir Tepi Jalan Umum sudah sesuai dengan Perda Kota Surabaya No. 1 Tahun 2009 dan Perda Kota Surabaya No. 8 Tahun 2012. Upaya yang dilakukan sudah mampu dalam menekan praktik kecurangan dalam pemungutan retribusi parkir yang terjadi dilokasi.
Kata Kunci : Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum, Pendapatan Asli Daerah, Efektivitas, Kontribusi, Optimalisasi
SA-18231 | SA18/231 ded e c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain