Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GRAHA MESRAN PERTAMINA PRAPEN SURABAYA
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh dari masing-masing variabel terhadap kepuasan pelanggan Graha Mesran Pertamina. Terdapat tiga variabel yaitu, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga. Dari masing-masing variabel penulis meneliti variabel yang paling berpengaruh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden diperoleh dengan pengumpulan data yang dilakukan yaitu survei langsung ke lapangan, wawancara dengan pihak perusahaan dan membagikan kuesioner pada responden untuk mendapatkan data primer. Hasil penelitian ini, dari ketiga variabel tersebut mempunyai yang berpengaruh paling dominan yaitu variabel kualitas produk (Kpr). Didapat nilai koefisien korelasi (R2) sebesar 0,796 artinya bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga ditentukan oleh kepuasan pelanggan di Graha Mesran Pertamina. Model regresi penelitian ini dinyatakan layak berdasarkan hasil uji F, dan didapatkan simpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga ditentukan oleh kepuasan pelanggan. Hasil uji t kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan bernilai 4,699, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan bernilai 5,061, dan harga terhadap kepuasan pelanggan bernilai 2,915.
SM-18428 | SM18/428 Ifa p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain