Text
PENGARUH PELAYANAN KARYAWAN, PERSEPSI SUKU BUNGA, DAN KECEPATAN PENCARIAN KREDIT PENSIUNAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BUKOPIN KCP BRATANG SURABAYA
negara, yang merupakan bagian utama dari kegiatan pemerintah dalam
menggalakkan sistem perkreditan bagi masyarakat. Kepuasan nasabah
berkontribusi pada sejumlah aspek krusial, seperti terciptanya loyalitas nasabah,
meningkatkan reputasi perusahaan, berkurangnya elastisitas harga, berkurangnya
biaya transaksi masa depan, dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas
karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
pelayanan karyawan, presepsi suku bunga, dan kecepatan pencairan kredit
pensiunan terhadap kepuasan nasabah.
Teknik analisa yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabelvariabel
dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi liniear
berganda, dan uji t. Adapun populasi digunakan adalah nasabah Bank Bukopin
KCP Bratang Surabaya dengan sampel sebesar 71 responden.
Hasil pengujian dari penelitian ini dengan menggunakan Uji t menunjukkan
bahwa seluruh variabel bebas yang terditi dari pelayanan karyawan, presepsi suku
bunga, dan kecepatan pencairan kredit pensiunan berpengaruh signifikan dan
positif terhadap kepuasan nasabah, sedangkan dengan menggunakan Uji
Kelayakan Model menunjukkan hasil model layak digunakan dalam pengujian
lebih lanjut, dan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah
adalah persepsi suku bunga.
SM-17004 | SM17/004 Sit p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain