Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada DEALER MOTOR HONDA di SURABAYA)
Loyalitas merupakan kesetiaan seseorang terhadap obyek. Loyalitas konsumen tidak terbentuk dalam waktu singkat, tetapi melalui proses belajar dan berdasarkan hasil pengalaman konsumen itu sendiri, baik dari pembelian maupun pelayanan yang terus-menerus dalam waktu yang panjang atau lama.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas konsumen. Obyek penelitian yaitu Dealer Motor Honda di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna motor Honda di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Insidental Sampling, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna motor Honda sebanyak 110 orang yang kebetulan ditemui di dealer motor honda Eka Jaya Karunia Abadi Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil uji asumsi klasik yang dilakukan melalui normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas menyatakan bahwa semua variabel yang digunakan tidak melanggar syarat yang ditentukan. Sedangkan menurut hasil uji kelayakan model, model regresi yang digunakan dalam penelitian ini layak untuk digunakan. Hasil uji hipotesis menunjukkan, bahwa variabel kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen serta variabel yang dominan dalam mempengaruhi loyalitas konsumen adalah variabel promosi.
SM-17034 | SM17/034 Far p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain