Text
METODE MARKOWITZ UNTUK MENENTUKAN PORTOFOLIO YANG OPTIMAL PADA PERUSAHAAN RETAIL DI BURSA EFEK INDONESIA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana aplikasi model Markowitz untuk membentuk kombinasi saham optimal yang terdapat pada saham efisien pada perusahaan retail di Bursa Efek Indonesia.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data harga saham bulanan antara bulan januari sampai dengan desember dan data dividen yang dibagikan pada tahun 2014. Jumlah Sampel penelitian berjumlah 5 perusahaan yang aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dan memperoleh 10 kombinasi portofolio.
Hasil penelitian ini dari 5 saham dikombinasikan menjadi 10 portofolio. Terdapat 2 portofolio yang efisien dengan proporsi sama (50% : 50%) dan dengan proporsi berbeda (40% : 60%) yaitu PT. Matahari Putra Prima Tbk dan PT. Tiphone Mobile Indonesia Tbk dan PT. Matahari Putra Prima Tbk dan PT. Midi Utama Indonesia Tbk. Investor memilih portofolio yang efisien sesuai dengan preferensi keuntungan dan risiko yang ditanggungnya. Investor yang menyukai risiko lebih suka mengambil investasi dengan risiko yang lebih tinggi proporsi yang sama terdapat PT. Matahari Putra Prima Tbk dan PT. Tiphone Mobile Indonesia Tbk sedangkan pada proporsi berbeda terdapat pada PT. Matahari Putra Prima Tbk dan PT. Tiphone Mobile Indonesia Tbk. Investor yang tidak menyukai risiko biasanya cenderung mempertimbangkan keputusan investasi secara matang dan terencana pada proporsi sama terdapat pada PT. Matahari Putra Prima Tbk dan PT. Midi Utama Indonesia Tbk sedangkan pada proporsi berbeda terdapat pada PT. Matahari Putra Prima Tbk dan PT. Midi Utama Indonesia Tbk.
SM-17037 | SM17/037 Wah m c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain