Text
PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas
sebagai variabel moderating. Sampel penelitian terdiri atas 20 perusahaan LQ-45
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan jumlah pengamatan sebesar
60 dan dipilih secara purposive sampling. Data laporan keuangan auditan dan
laporan tahunan yang diperoleh dari Indo-Exchange (IDX).
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda
(Multiple Regression Analysis) dengan variabel independen Corporate Social
Responsibility (CSR) yang diproxykan dengan CSRDI terhadap nilai perusahaan
dan variabel moderating ROA, ROE, dan NPM. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa berdasarkan uji t dengan tingkat signifikan < 0,05 memberikan hasil bahwa
CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. ROA tidak mampu
memoderasi hubungan antara CSR dan nilai perusahaan. Sedangkan ROE dan
NPM mampu memoderasi hubungan antara CSR dan nilai perusahaan.
Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengungkapan CSR
berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan ROE memperkuat pengaruh
pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan, sedangkan NPM memeperlemah
pengaruh pengungkapan CSR dan nilai perusahaan. Hal ini berarti semakin tinggi
tingkat CSR (perusahaan semakin banyak melakukan pengungkapan item
kegiatan sosial) maka akan semakin meningkatkan nilai perusahaan, dan ROE
yang tinggi akan memperkuat pengaruh CSR dan nilai perusahaan.
Kata kunci : corporate social responsibility, profitabilitas, nilai perusahaan
SA-17093 | SA17/093 ayu p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain