Text
PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS DAN UKURAN PEUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN ( Studi Empiris Pada Perusahaan Telekomunikasi di BEI)
Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran pemegang saham juga tinggi, dan manajemen perusahaan harus berusaha memaksimumkan kesejahteraan pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kebijakan dividen, pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan telekomunikasi yang go public di Bursa Efek Indonesia, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 5 perusahaan, periode pengamatan yang dilakukan pada tahun 2011-2015. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan menggunakan data laporan keuangan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian dari penelitian ini dengan menggunakan uji kelayakan model menunjukkan model layak digunakan dalam penelitian lebih lanjut, dan menggunakan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji t menunjukkan variabel kebijakan dividen, pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: kebijakan dividen, pertumbuhan penjualan, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan
SA-17116 | SA17/116 bel p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain