Text
FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PROPER Kementrian Lingkungan Hidup pada tahun 2011 sampai 2015. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris dan kinerja lingkungan. Variabel dependen yang digunakan pada penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan PROPER Kementrian Lingkungan Hidup selama tahun 2011-2015 yang berjumlah 67 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling menghasilkan 18 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 23 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, leverage berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, ukuran dewan komisaris berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility dan kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility.
Kata Kunci: Profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris, kinerja lingkungan, pengungkapan corporate social responsibility.
SA-17126 | SA17/126 ani f c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain