Text
PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap perusahaan, yang sering dikaitkan dengan harga saham, dimana harga saham yang tinggi dapat meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan diproksikan dengan market to book ratio (MBR) yang merupakan perbandingan antara harga pasar per lembar saham terhadap nila ibuku ekuitas per lembar saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif variabel struktur modal, ukuran perusahaan, profitabilitas dengan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel moderasi terhadap nilai perusahaan. Dengan obyek penelitian perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu memilih sampel dengan sengaja berdasarkan pertimbangan atau criteria tertentu. Diperoleh 18 perusahaan consumer goods ,sehingga sebaran yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa struktur modal, ukuran perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Adanya pengaruh positif struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan yang moderasi pertumbuhan perusahaan, mampu memperkuat hubungannya. Sedangkan adanya pengaruh negatif ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang moderasi pertumbuhan perusahaan, memperlemah hubungannya.
Kata Kunci : Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Nilai Perusahaan
SA-17140 | SA17/140 bay p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain