Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN UTRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA DI STIESIA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya yang melakukan pembelian smartphone Samsung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel harga memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap keputusan pembelian. Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya kualitas produk dan citra merek smartphone Samsung yang baik akan berdampak pada meningkatnya keputusan pembelian. Namun jika harga smartphone Samsung semakin mahal akan berdampak pada menurunnya keputusan pembelian.
Berdasarkan koefisien determinasi parsial variabel citra merek berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Hal ini terjadi karena citra merek smartphone Samsung mudah dikenali, memiliki reputasi yang baik, dan selalu diingat oleh penggunanya.
SM-17084 | SM17/084 Sil p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain