Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DI BEI
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada perusahaan consumer goods. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dengan menggunakan laporan keuangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan, periode penelitian yang dilakukan pada tahun 2011-2015. Struktur modal di ukur dengan menggunakan rumus Debt to Equity Ratio (DER). Analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap struktur modal sehingga perusahaan lebih menggunakan dana eksternalnya dan profitabilitas yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap struktur modal karena dengan profitabilitas yang tinggi cenderung perusahaan akan lebih mudah mendapatkan dana dari luar sedangkan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal karena dengan tingkat likuiditas yang tinggi perusahaan cenderung dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya dan pertumbuhan penjualan berpengaruh tidak signifikan terhadap struktur modal karena tingkat penjualan yang tinggi tidak membuat perusahaan untuk mengambil hutang dan memperbesar struktur modalnya.
SM-17099 | SM17/099 Ani p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain