Text
PENGARUH FAKTOR KEPERCAYAAN, KUALITAS LAYANAN, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI KRETA API KELAS EKONOMI DI SURABAYA
Kualitas layanan merupakan sebuah strategi yang digunakan perusahaan untuk mempertahankan dan menarik pelanggan. Bagi pelaku bisnis memberikan layanan yang unggul merupakan sebuah strategi yang sangat penting karena dapat menghasilkan lebih banyak pelanggan baru. Pada kereta api kelas ekonomi di Surabaya, tingkat kepercayaan pelanggan dirasa masih belum sepenuhnya. Hal ini dikarenakan masih banyak terjadi kecelakaan kereta api yang mengakibatkan pengguna jasa kereta api merasa khawatir jika menggunakan kereta api kelas ekonomi. Dari segi kualitas layanan permasalahan cenderung timbul pada petugas penjualan tiket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, faktor kualitas layanan, dan fasilitas terhadap pelanggan jasa transportasi kereta api kelas ekonomi di Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang kereta api kelas ekonomi di Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Jasa Transportasi Kereta Api Kelas Ekonomi. Kualitas Layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi kelas ekonomi. Fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi kereta api kelas ekonomi.
SM-17100 | SM17/100 Des p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain