Text
FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN HEARGING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI
Perubahan nilai mata uang asing yang tidak terduga dapat berdampak pada penjualan, harga, dan laba eksportir dan importir. Strategi hedging yang digunakan oleh perusahaan atas transaksi-transaksi keuangannya, instrumen derivatif merupakan salah satu alternatif dalam pasar modal yang cukup berperan. Faktor internal lainnya yang mempengaruhi sebuah perusahaan melakukan aktivitas hedging ialah financial distress. Sebuah perusahaan yang mempunyai indikasi kebangkrutan dari perhitungan financial distress akan mendorong pihak manajemen untuk melindungi perusahaan tersebut dari berbagai risiko termasuk risiko pasar dengan melakukan aktivitas hedging. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Market to book value, Liquidity, Leverage, Growth Opportunity, dan Financial distress terhadap Keputusan Hedging pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kausal Komparatif. Sampel yang digunakan adalah 21 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Market to Book Value dan Liquidity tidak berpengaruh terhadap keputusan hedging, sedangkan variabel Leverage, Growth Opportunity, dan Financial Distress berpengaruh terhadap keputusan hedging pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
SM-17106 | SM17/106 Ind f c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Gudang |
Tidak tersedia versi lain