Text
PENGARUH PRODUK, HARGA, PERSONAL, DAN BUKTI FISIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN( STUDI KASUS RUMAH MAKAN SINJAY BANGKALAN)
Tingkat persaingan dunia usaha di Indonesia sangat ketat, setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Perusahaan harus menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan yaitu dengan cara mengutamakan produk yang berkualitas, menawarkan harga yang terjangkau, personal yang baik dan bukti fisik yang menarik agar menciptakan kepuasan bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk, harga, personal, dan bukti fisik terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sinjay Bangkalan.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Rumah Makan Sinjay Bangkalan dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 94 pelanggan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sinjay Bangkalan. Harga tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan karena harga tidak dijadikan pertimbangan utama bagi pelanggan Rumah Makan Sinjay Bangkalan. Personal berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan Rumah Makan Sinjay Bangkalan. Bukti Fisik tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan karena sarana tidak dipentingkan bagi pelanggan Rumah Makan Sinjay Bangkalan.
SM-17110 | SM17/110 Usf p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Gudang |
Tidak tersedia versi lain