Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN COSMETICS AND HOUSEHOLDS YANG TERDAFTAR DI BEI
Perkembangan produk kosmetik di Indonesia menjadi salah satu potensi pasar dosmetik yang cukup besar dalam generasi milenial. Penelitian ini didasari oleh adanya fenomena dalam dunia bisnis Cosmetics and Households, mengalami penurunan penjualan secara drastis akibat pandemi Covid-19 bahkan banyak sekali perusahaan yang harus melakukan berbagai upaya, termasuk berinovasi untuk bisa bertahan menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan likuiditas terhadap struktur modal pada perusahaan Cosmetics and Households yang terdaftar di BEI. Ukuran perusahaan diukur dengan size, profitabilitas diukur dengan return on equity, sedangkan likuiditas diukur dengan current ratio. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakanmetodepurposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling tersebutdidapatkansebanyak 6 sampelperusahaan Cosmetics and Householdsdari 7 perusahaanCosmetics and Households yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014-2020. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 26,0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Sedangkan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.
SM-22024 | SM22/024 Han p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain