Text
PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO NILAI PASAR TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Pasar modal mempunyai peran yang strategis sebagai salah satu sumber pembiayaan bagi dunia usaha dan investasi bagi investor. Sebelum melakukan investasi, investor perlu memastikan apakah modal yang ditanankan mampu memberikan tingkat return yang diharapkan atau tidak, yaitu dengan cara mengetahui kinerja perusahaan. Untuk itu diperlukan suatu penilaian kinerja pada perusahaan-perusahaan yang akan dijadikan tempat investasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisa laporan keuangan yang bersangkutan, karena laporan keuangan merupakan cerminan dari prestasi menejemen suatu perusahaan pada periode tertentu. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan bagaimana pengaruh rasio profitabilitas (ROE) dan rasio nilai pasar (PER dan EPS) baik secara parsial maupun simultan terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2012-2015.
Populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman periode 2012-2015. Jumlah sampel yang digunakan adalah 9 perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman dan masih berdiri selama periode persepsi dan juga dipublikasikan tahun 2012-2015 dan dipilih secara purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis regresi berganda untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lain.
Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa hanya variabel ROE yang tidak mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap return saham, sedangkan PER dan EPS yang mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap return saham. Begitu juga dari hasil uji F menunjukkan bahwa ROE, PER dan EPS secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap return saham.
SA-17248 | SA17/248 Lil p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Gudang |
Tidak tersedia versi lain