Text
PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris pengaruh pengungkapan tanggungjawab social dan pengaruh good corporate governance berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan variable control ukuran perusahaan dan leverage pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.. Memberikan bukti empiris pengaruh profitabilitas memoderasi pengungkapan tanggungjawab social terhadap nilai perusahaan serta pengaruh profitabilitas memoderasi good corporate governance terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 4 tahunya itu tahun 2012 – 2015. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, jumlah sampel yang di dapat sebanyak 224 data observasi. Teknik analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA).
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Penerapan Good Corporate Governance) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai. Jika perusahaan menerapkan sistem GCG, akan meningkatnya kinerja perusahaan yang berdampak pada meningkatnya harga saham perusahaan, (3) variabel control size tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan yang besar belum bias menjamin nilai perusahaannya tinggi, (4) Variabel control leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Manajemen belum dapat mengoptimalkan penggunaan hutang untuk meningkatkan nilai perusahaan, (5) Pengungkapan Corporate Social Responsibility mampu memoderasi pengaruh ROA pada nilai perusahaan hal ini mengindikasikan bahwa nilai ROA akan tinggi, dan akan menarik perhatian para investor untuk berinvestasi serta berpengaruh bagi peningkatan kinerja saham di bursa efek, (6) Penerapan Good Corporate Governance maupun memoderasi pengaruh ROA pada nilai perusahaan, (7) ROA mampu memediasi pengaruh Leverage terhadap Nilai Perusahaan sedang ROA tidak mampu memediasi pengaruh size terhadap nilai perusahaan.
SA-17249 | SA17/249 Sil p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Gudang |
Tidak tersedia versi lain