Text
"PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TARIF KAMAR DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT HAJI SURABAYA "
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, tarif kamar dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Populasi adalah pasien rawat inap pada instansi Rumah Sakit Umum Haji Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak jasa kesehatan. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode simple random sampling (sampel acak sederhana) dengan rumus slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 100 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 21, dengan pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan alpha cronbach. Uji asumsi klasik dan analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil pengujian secara uji kelayakan model mengindikasikan adanya pengaruh secara signifikan antara variabel kualitas pelayanan, tarif kamar dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Dengan uji koefisien determinasi (Rsquare) yang menunjukkan sumbangan atau kontribusi yang cukup. Sedangkan pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, tarif kamar dan fasilitas juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien pada instansi rumah sakit umum Haji Surabaya, dengan variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel tarif kamar karena mempunyai koefisien determinasi partialnya paling besar dibanding dengan variabel kualitas pelayanan dan fasilitas.
SM-17270 | SM17/270 Ind p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Gudang |
Tidak tersedia versi lain