Text
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menunjukkan bukti empiris pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan data sekunder sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, yaitu annual report yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling sehingga diperoleh 45 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama tahun 2013-2015. Teknik analisis yang digunakan adalah pengujian asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dapat diartikan semakin tinggi return on equity, maka semakin efisien dan efektif dengan kata lain baiknya kinerja perusahaan akan mempengaruhi minat investor dalam berinvestasi. Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dapat diartikan semakin tinggi resiko yang ditanggung perusahaan maka semaki besar pula keuntungan bagi investor yang nantinya dapat meningkatkan nilai saham. Dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dapat diartikan pula bahwa semakin besar ukuran perusahaan mempengaruhi semakin meningkatnya nilai perusahaan, sebaliknya semakin rendah ukuran perusahaan mempengaruhi semakin menurunnya nilai perusahaan. Hal ini diperkuat pula dengan Rsquare dengan konstribusi yang sangat besar.
SM-17317 | SM17/317 Ade p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Gudang |
Tidak tersedia versi lain