Text
PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN BEKAS (STUDI PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA)
Pembelian pakaian bekas meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini
membuat persaingan dalam bidang fashion menjadi sangat ketat. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan gaya hidup terhadap
keputusan pembelian pakaian bekas. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu mahasiswa
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya yang pernah
membeli pakaian bekas.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu
pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan
metode purposive sampling didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 responden.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan
program SPSS versi 26, uji asumsi klasik, uji F, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara signifikan
dan positif (searah) terhadap keputusan pembelian. Promosi tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup berpengaruh secara
signifikan dan positif (searah) terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: harga, promosi, gaya hidup, keputusan pembelian.
SM-22136 | SM22/136 Ais p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain