Text
PENGARUH PROMOSI DAN KEMUDAHAN AKSES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE SHOPEE DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung promosi tehadap keputusan pembelian, kemudahan akses terhadap keputusan pembelian, promosi terhadap minat beli, kemudahan akses terhadap minat beli dan minat beli terhadap keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh tidak langsung promosi terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening dan kemudahan akses terhadap keputusan pembelian e-commerce Shopee melalui minat beli sebagai variabel intervening.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Manajamen STIESIA Surabaya Angkatan Tahun 2018 yang berjumlah 265 mahasiswa. Jumlah sampel yang dihitung menggunakan rumus Slovin didapatkan sebanyak 160 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling yang merupakan teknik pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara tidak acak. Pengumpulan data digunakan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan instrumen pendukung yaitu software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian pengaruh langsung menunjukkan bahwasannya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kemudahan akses berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, kemudahan akses berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serta minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, hasil penelitian pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwasannya minat beli sebagai variabel intervening mampu memediasi pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan serta minat beli sebagai variabel intervening mampu memediasi pengaruh kemudahan akses terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan.
Kata Kunci : promosi, kemudahan akses, minat beli, keputusan pembelian.
SM-22143 | SM22/143 Iqb p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain