Text
PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE DAPURDEP
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penurunan pendapatan yang terjadi karena adanya pandemi Covid-19 yang menyerang pada awal tahun 2020 serta tidak adanya variasi produk yang menyebabkan keputusan pembelian menurun. Fokus permasalah penelitian ini adalah bagaimana bauran pemasaran 7P dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada Dapurdep. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh marketing mix 7P terhadap keputusan pembelian pada toko online Dapurdep.
Bauran pemasaran terdiri dari 7P yaitu produk, harga, promosi, lokasi, orang, bukti fisik, dan proses. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian di Dapurdep dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 98 responden. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi, dan proses berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan promosi, orang (pegawai), dan bukti fisik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Meningkatnya produk, harga, lokasi, dan proses maka keputusan pembelian juga meningkat. Naik turunnya promosi, kinerja pegawai, dan bagus tidaknya bukti fisik yang ada tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Sebaiknya Dapurdep mempertahankan produk yang enak, harga yang terjangkau, lokasi yang terjangkau dan proses yang cepat. Selain itu, Dapurdep harus meningkatkan promosi, kemampuan pegawai dan menggunakan foto yang baik agar terlihat lebih professional.
Kata kunci: bauran pemasaran, 7P, keputusan pembelian
SM-22157 | SM22/157 Sur p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain