Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh corporate social responsibility (CSR), profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini corporate social responsibility (CSR) diukur menggunakan CSRDI, profitabilitas diukur menggunakan Return On Asset (ROA), dan kebijakan dividen diukur menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Di mana populasi penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2016-2020. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 7 perusahaan dengan total pengamatan sebanyak 35 pengamatan. Data penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (3) kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : corporate social responsibility, profitabilitas, kebijakan dividen, nilai perusahaan.
SA-22070 | SA22/070 Ari p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain